Minggu, 01 Maret 2009

Biografi DR.FL Tobing., nich tGz dR bu NunGkY




BioGrAfi DR.FL.ToBiNg

Judul Buku : Biografi DR.FL.Tobing.
Penulis buku : Zaidir Jalal.
Nama penerbit & kota terbit : Mutiara Sumber Widya/Jln. Salemba Tengah No.38 Jakarta Pusat.
Cetakan & Tahun terbit : 1348/1992



No
Aspek
Uraian
1
Nama Tokoh
DR.FL.Tobing
2
Tempat Tanggal Lahir
Sibuluan Sibolga,Kabupaten Tapanuli 19 Februari 1899
3
Profesi Tokoh
Dokter, dan beberapa kali menjadi Menteri
4
Awal Karier Tokoh
Awalnya Beliau sekolah di Europase Lagere School,lalu dia mendapat panggilan dari Sovia padahal dia tidak penah mendaftar,karena dia ingin menjadi ahli hukum.Tapi dia mengikuti tes tersebut.Benar saja dia berhasil lulus Ujian masuk Stovia.Tahun demi tahun dia jalani tanpa kesulitan, karena dia memang anak yang cerdas.
5
Tahapan KArier tokoh
Setelah lulus dari Stovia Dia di tugas kan di C B Z (Kini Ruamh Sakit Pusat Dokter Cipto Mangun Kusuma).Dua tahun kemudian dipindah kan ke rumah sakit Tenggarong,Kaltim.Tahun 1931 Dipindahkan ke bagian bedah rumah sakit umum Surabaya.Pada tahun 1935,setelah selesai menyelesaikan studinya dalm ilmu bedah, barulah dia dipindahkan ke derah asalnya Tapanuli,mula-mula ditugaskan ke rumah sakit padang Sidempuan, Kemudian pada 1937 dipindahkan lagi ke Rumah Sakit Sibolga.Pada saat melawan penjajah,dia ikut andil.Lalu dia di angkat menjadi Menteri Penerangan,Menteri Urusan Hubungan Antar Daerah,Menteri Negara Urusan Transmigrasi, setelah itu barulah dia bisa beristirahat dan menikmati hari-hari tuanya
6
Perjuangan Tokoh Mengejar Profesi
Untuk mengejar profesinya menjadi dokter,tak ada halangan yang berarti,Karena memang dia anak yang pintar.Tapi,awalnya dia tidak ingin menjadi dokter,dia pun tak tau siapa yang mendaftarkan diri nya di sekolah kedoktern.
7
Hal-hal yang patut diteladani
Dia mempunyai rasa toleransi yang besar terhadap agama lain,sederhana,dalam pakaian maupun gaya hidup,jujur,suka menolong dan tidak materialistis.Dia juga mecintai produk dalam negeri.
8
Pendapat tentang tokoh tersebut
Beliau adalah tipe orang yang sangat sederhana,baik.Dia sangat berbakti pada Negara.Dia juga sangat disiplin pada waktu.Padahal kadang orang-orang besar suka mengulur waktu.Tipe orang yang bertanggung jawab kepada pekerjaan nya.


BioGrAfi DR.FL.ToBiNg


Kalau kita sekali waktu mengunjungi kota Sibolga atau kota Medan, make kita akan mendengar atau mungkin pula membaca nama salah satu jalan besar di kota itu” Jalan dr. F.L Tobing.”.Pasti kita bertanya-tanya siapakah beliau????????? & bidang apa yang di gelluti nya???.

Dokter Ferdinant Lumban Tobing di lahirkan di desa Sibuluan Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah pada tanggal 19 Februari 1899. Putra dari Herman Lumbang tobing gelar raja guru dan Ibunya Laura boru Sitanggang. Mereka mempunyai 9 orang anak, enam diantaranya perempuan.F.L Tobing merupakan anak laki-laki tertua dan keempat.

Bapak Herman L.Tobing adalah seorang guru Sekolah desa, di samping itu juga seorang pengurus gereja Protestan di desa Sibuluan. Dia hidup berkecukupan bersama anak dan istri. Semua anak-anak beliau di besarkan di kota itu kecuali dr. Ferdinant Lumbang Tobing. Dia di jadikan anak angkat oleh Bapak Jonatan, Seorang pendeta & pengurus gereja Protestan di Depok. Beliau pun otomatis mengikuti ayah angkatnya. Walaupun sebenarnya Bapak herman berat melepaskan.Pada tahun 1906, selah tiba waktunya sekolah, Beliau di masukkan Bapak Jonatan ke sekolah Belanda E L S (Europese Lagere School) di Depok. Kemudian di pindahkan E L S Bogor di mana ia tamat dan memperoleh ijasah pada tahun 1914.

Begitu Ferdinand lulus dari E L S ia mendapatkan panggilan untuk mengikuti ujian masuk Stovia( School Tot Opleiding Voor Indische Arts) di Batavia, Jakarta sekarang.Baginya panggilan ini merupakan sesuatu yang amat mengherankan. Ia sama sekali tidak mendaftar menjadi dokter. Ia ingin menjadi ahli hukum. Karena itu semua orang terheran-heran. Tanpa pilir panjang lagi bapak jonatan menyetujui. Siapa tahu dengan kecerdasan otak ferdinant, ferdinant bisa lulus. Tapi Ferdinant masih ragu-ragu, lalu dia bertanya kepada pegawai Stovia.Si pegawai pun membenarkan,kemudian Ferdinant memutuskan akan ikut ujian tapi dengan satu syarat jika kemudian hari timbul persoalan mengenai surat panggilan di tidak mau di salah kan.
Dengan hati yang tenang Ferdinant mengikuti tes masuk. Ternyata dia lulus karena dia memang anak yang cerdas.Kepercayaannya terhadap kemampuannya semakin bertambah.

Karena itu lebih giat & lebih rajin belajar.Tahun demi tahun dia lalui tanpa banyak kesulitan.Ia sudah sampai pada tingkat 3 & hampir melupakan kisah kenapa dia menjadi mahasiswa sekolah Stovia Ferdianant L tobing menyelesaikan pendidikannya di Stovia dengan mendapat gelar Indisches Arts pada tahun 1924.Ia segera di tugaskan di Bagian penyakit menular di CBS, yang kini disebut Rumah sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusuma.Dua tahun kemudian dia dipindahkan ke Rumah Sakit Tenggarong, Kutei Kaltim. Lima tahun kemudian dia dipindahkan lagi ke Bagian Bedah ia juga diberi kesempatan memperdalam pengetahuannya dalam ilmu bedah.Pada tahun 1935, setelah menyelesaikan studinya dalam ilmu bedah, barulah dia dipindahkan daerah asalnya Tapanuli.Lalu dia menikah dengan Anna Paulina Elfringhoff Rincap.Keluarga itu di karuniai 7 orang anak.Putra putri dr.Tobing mengalami kesulitan dalam melanjutkan pendidikan karena mereka tumbuh dalam situasi tanah air kita yang sedang bergejolak.Zaman pendudukan jepang dll.

Dr.Ferdinant ikut andil dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.Dia ikut mengobati orang-orang Indonesia yang di siksa oleh Tentara Jepang.

Pada Agresi militer Belanda II Belanda dr. Tobing di angkat menjadi Gubernur Militer daerah tapanuli & Sumatra Timur. Beliau di angkat pula sebagai Gubernur Sumatra Utara,tetapi di tolak.Karena Beliau menolak, beliau menolak meka diangkat menjadi Gubernur yang diperbantukan Pada kementerian dalam Negeri.Pada KabinetAli I, ia diangkat menjadi Menteri Penerangan (Agustus 1953-1955),Kemudian Menjadi menteri kesehatan ad interin (Agustus samapi dengan Oktober 1955),karena merasa usianya sudah lanjut,maka di usia 1956 dia meminta beristirahat,pemerintah mengabulkan permintaanya.
Tetapi belum lama ia menikmati masa tuanya dia telah dimintai memangki jebatan baru sebagai Menteri Urusan Hubungan Karya Daerah dalam Kabinat Karya Juanda. Ini terjadi bula April 1957.Kemudian dari Juni 1958 sampai dengan 1959 menjadi Menteri Urusan Transmigrasi pada Kabinet Karya yang telah di rombak. Pada tahun 1959 Kabinet itu mengembalikan mandatnya kepada pemerintah dan membubarkan diri .Dengn demikian berakhir pula lah jabatan dr.Tobing sebagai Menteri dalam Kabinet itu.

Emmmmm…!!!
Benar-benar anak bangsa yang berbakti pada Negara!!!
DR.FL.Tobing adalah orang yang sangat cerdas…dia ikut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
Banyak yang dapat kita contoh dari beberapa sifat yang dimiliki oleh beliau.
Dokter F.L Tobing adalah seorang pemeluk agam Kristen yang kuat.Tapi sebagai orang yang terpandang dan terpelajar, beliau memiliki rasa toleransi yang kuat.Setiap kali rakyat menyediakan makanan baliau minta agar di periksa dulu jangan sampai makanan yang di larang olah agama islam turut terhidangkan.
Beliau juga di kenal sebagaiorang yang penolong..Kesederhanaan dr.Tobing terlihat dalam kehidupan rumah tangganya sehari-hari dan sangat menonjol pula pada dirinya.Dalam berpakaian ia sangat sederhana, baik semasa menjadi dokter, residen, gubernur militer , ia tidak berubah.
Dia juga sebagai pribadi yang ramah,sabar,tenang tapi disiplin dan tidak lemah.


J*Thank You*J
Teacher: Parent: From:





Agnes Rihati K. Darmono .SH Nabila rifka Annisa (7 Che/14)

hehehehehe nIch cNtOh Q dUnKs.....

tGz sLaLu di kRj kan tpaaaaaaaat wKtu......

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar